Teknik Promosi Blog

Sebuah blog tidak bisa secara otomatis terbaca atau dilihat oleh pengunjung, tetapi harus dikenalkan atau dipromosikan agar dapat diketahui oleh orang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pengunjung dan meningkatkan trafic. Promosi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan pengunjung dan meningkatkan trafic.

Bagaimana melakukan promosi yang baik dan dapat meningkatkan trafic. Ada beberapa teknik yang patut untuk dilakukan oleh seorang blogger, diantaranya adalah :


1. Daftarkan Blog di search engine dan directory
Daftarkan blogmu pada search engine yang sudah punya nama seperti di :

Bila ingin cepat dan tidak repot mendaftar satu persatu anda bisa menggunakan submit otomatis ke ratusan search engine:
  • Frewebsubmition, mendaftar secara otomatis ke 50 top search engine
  • Jayde, dapat men-submit otomatis ke lebih 350 seach engine.
Selain mendaftar ke search engine sebaiknya juga melakukan submit ke blog directory. Direktory yang terkenal saat ini antara lain adalah :

Submit ke blog directory ini sangat membantu, karena selain mendapat backlink (bagi directory yang mengaktifkan tag dofollow) juga postingan akan terindek di search engine karena numpang popularitas dari directory tersebut.

2. Promosikan Blog melalui Iklan Baris atau Banner
Banyak penyedia layanan untuk promosi blog atau situs, baik yang gratisan maupun berbayar. Iklan bisa dalam bentuk banner ,biasanya bayar bulanan ke situs pemasang iklan. Besarnya tarip tergantung dari popularitas blog / situs yang memasang iklan.

Anda juga bisa promosi ke ratusan iklan baris dengan sekali klik secara otomatis, di web tertentu seperti :
Ada juga iklan yang sistem pembayarannya berdasarkan berapa kali blogmu dilihat, sehingga kalau dana yang telah kita setorkan sudah habis, maka iklan blogmu tidak tampil lagi. Iklan model seperti ini (Paid Per Click) dapat anda ikuti di www.kumpulblogger.com, www.kliksaya.com, www.ppcindo.com .

3. Blog Walking
Teknik ini memerlukan ketekunan dan butuh waktu, karena harus banyak-banyak mengunjungi web/situ lain. Meski demikian, blogwalking sangat baik untuk dilakukan disamping dapat meningkatkan trafic dari kunjungan balik juga dapat menambah ilmu, informasi dan tali silaturahmi. Dan dalam berkunjung usahakan memilih situs yang punya tema sejenis. Cari buku tamu atau komentar, usahakan beri komentar yang baik dan jangan memaksa atau meminta untuk berkunjung ke web anda, karena mereka juga tahu dan saling membutuhkan. Tulis URL blog Anda sehingga pemilik blog bisa berkunjung ke blog kamu.

4. Promosi lewat email.
Teknik ini dapat anda lakukan agar blog anda lebih dikenal, yaitu dengan menyertakan Nama dan URL Blog pada email, sehingga setiap kali anda melakukan pengiriman email, maka secara otomatis mempromosikan juga blogmu. Teknik ini akan sangat efektif jika anda mengikuti milis yang banyak membernya, dan usahakan anda aktif di milis itu, sehingga blog anda juga cepat dikenal oleh membernya yang dapat meningkatkan traffic. Anda bisa menggunakan software pengirim mail otomatis ke ratusan alamat sekaligus.

5. Promosikan Blog ke Yahoo Group
Ada banyak group yang dapat anda ikuti, sebaiknya cari yang sejenis tetapi untuk tujuan promosi Anda bisa ikut group apa saja asal memiliki banyak anggota. Saran saya cari group yang ada Calender-nya agar Anda dapat menset kapan waktu promosi. Misal anda set jam 8.00 dan pilih every day. Artinya Iklan Anda akan secara otomatis dikirim ke anggota group tiap jam 8.00 setiap hari.

Itulah teknik promosi yang saya ketahui, jika ada yang tahu teknik yang lebih jitu tolong ya kasih tahu....

Comments :

0 komentar to “Teknik Promosi Blog”


Posting Komentar